Introvert.

Aku teringat suatu hari beberapa tahun lampau ketika iseng browing di internet mengenai karakter introvert. Aku melihat seorang follower di sebuah blog yang aku tulis membuat artikel mengenai introvert, versi doi.

Menurutnya introvert adalah manusia yang sombong dan tidak sehat secara mental karena mereka memilih atau lebih suka untuk berinteraksi sendirian atau dengan alam.

Ketika itu aku belum paham benar apa artinya karakter introvert. Namun aku paham pengertian yang dia beberkan di blognya merupakan pengetahuan subjektif yang terbentur keterbatasan pemahaman.

Mungkin karena informasi di internet yang berbahasa Indonesia ketika itu kurang banget. Yang berbahasa Inggris pun kebanyakan di dalam e-book atau buku fisik yang harganya mulai dari lumayan mahal sampe mahal pisan.

Eniwei, fast forward a few years later, begitu aku pindah ke luar negara, berbarengan dengan dunia mulai memberikan akses gila-gilaan ke berbagai macam informasi dengan gratis, otomatis pencarianku akan pengertian introvert semakin gampang.

Memahami karakter introvert pun aku nikmati dengan satu klik setiap ganti halaman.

For the abundance of information, thank you INTERNET!

Jadi apa ya introvert itu? Yang jelas, bukan manusia yang sombong. Bukan manusia yang memiliki penyakit mental.

Tinggal google, translate dari halaman berbahasa Inggris, dan nambah deh pengetahuan kamu.

Ha, enjoy!

 

Leave a Reply

