Paham Hedonisme atau Materialisme?

Hedonisme adalah filosofi yang mengutarakan bahwa tujuan paling utama umat manusia adalah mengejar kesenangan dan kebahagiaan.

Bisa dibaca di wikipedia bahasa Indonesia ataupun wikipedia bahasa Inggris — (aku curiga isitilah hedonisme dari bahasa Inggris adalah dimana orang Indo mengenal istilah hedonisme pertama kalinya, bener ga?)

Materialisme adalah teori filosofi yang menerangkan bahwa yang ada di sekeliling kita hanya berupa material yang bisa bergerak dan berubah saja.

Materialistik adalah sifat yang cenderung super duper mementingkan hal-hal materi saja, biasanya dimiliki orang-orang yang pikirannya duit melulu.

Entah kenapa pertama kali aku kenal istilah ini, semua orang menyamakan hedonisme dengan mengejar kesenangan materialistik saja.

Sama kayak orang bilang Jakarta itu Indonesia.

Coba dipikir baik-baik.

Indonesia itu ibu kotanya di Jakarta, sebuah kota dari puluhan kota yang ada di pulau Jawa. Salah satu pulau dari ribuan pulau yang membentuk Indonesia.

Nah, sekarang andaikan hedonisme itu adalah Indonesia, dan materialisme itu Jakarta.

Materialisme “bisa” menjadi bagian dari hedonisme, karena kesenangan yang didapatkan dari materi memang ada. Namun mengatakan hedonisme “pasti” berupa hal-hal materialistik saja adalah kesimpulan pendek yang bisa diduga bahwa si pengucap adalah orang yang berpengetahuan pendek dan semua orang yang sama pemahamannya dengan doi adalah orang-orang yang tidak memiliki pikiran kritis yang cukup.

But hey, gapapa kok, namanya juga belajar.

Dan gpp kok, orang-orang media mulai dari si jurnalis sampe editor ga ada yang melek dengan arti hedonis, wong orang-orang media tujuannya bukan membagi ilmu ke pembaca, hanya membuat berita yang bisa diterima pembaca.

(Mungkin salah satu bentuk perbedaan materi media massa di Indo dan negara luar, media Indo tampaknya kurang senang menaikkan level intelejensi para pembacanya. Mungkin mereka ga menganggap itu sebagai bentuk hedonisme yang penting.)

Jadi, coba cek wikipedia lagi, ga melulu salah kok isinya.

Lebih sering yang salah itu pengetahuan ‘pergaulan’ daripada pengetahuan orang-orang yang belajar.

Kalo udah tau istilah hedonisme, lain kali ngeliat orang foya-foya belanja di mall bukan berarti doi hedon… matre iya, mungkin. Lagi banyak duit iya, kayaknya. Kalo mukanya keliatan super ‘high’ kayak orang mabuk, jelas bukan hedonis… yang ada doi malah mancing pencuri untuk nguntit sampe doi lalai…dan disabet semua belanjaannya.

Udah mulai dapet ide hedonisme itu seperti apa?

Kalau di wikipedia, hedonisme itu juga mencakup segala kegiatan yang menghindari rasa sakit.

Kesimpulannya, hedonisme adalah: mencari hal-hal yang membahagiakan, menjauhi hal-hal yang menyakitkan….baik dari bentuk spiritual, material, mental, ataupun emosional.

Kalo kayak gitu, kita bisa menyimpulkan bahwa hedonisme adalah kegiatan yang dilakukan semua umat manusia sejak lahir sampai doi mati.

Ga eksklusif hanya untuk orang-orang yang berduit, orang-orang yang matre, orang-orang yang berpendidikan, atau orang-orang yang mengenal peradaban.

Nanti kalo ketemu tetangga yang doyan mengaji, atau teman sekantor yang suka menggosip, atau teman sekolah yang doyan menghayal, atau temen chatting yang suka traveling, cukup diingat, mereka adalah manusia yang mengejar kesenangan dan kebahagiaan, dan menghindari rasa sakit, sama kayak aku atau kamu, dan kita semua sadar apa engga pada dasarnya menganut paham hedonisme.

Di rumahku aku belajar tentang hedonisme sejati dari kucingku Bleki, doi adalah hedonis sejati, kalo laper ke rumah meang-meong sampe dapet makan, terus guyub sejenak dan kalo udah capek dielu-elus doi akan keluar rumah dan gaul ke tetangga-tetangga. Tiap hari konsisten melakukan hal yang disukainya, dan begitu ada hal yang dia ga suka langsung dia menghindar.

Gampang, toh!

* * *

Mari kita latihan:

Begitu aku google istilah “hedonisme” yang keluar adalah gambar-gambar serupa ini:

atau ini:

atau ini:

Nah…

yang paling mungkin disebut hedonis berdasarkan arti sesungguhnya yang mana?

Kamu sudah pintar kan sekarang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s